• Debit Air Meningkat, Jembatan Mentawai Rohul Terseret Arus Sungai Rokan

    Reporter: Andreas Setiawan
    Published: 08 February, 2016
    A- A+
    ROKAN HULU, ROKAN IV KOTO - Jembatan Mentawai di Jalan Provinsi Riau, menghubungkan antara Kelurahan Rokan dengan empat desa di Kecamatan Rokan IV Koto, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) hanyut akibat terseret arus Sungai Rokan, Ahad (7/2/16).

    Warga Rokan IV Koto mengungkapkan jembatan membelah Sungai Mentawai di Jalinprov Riau, tepatnya di Dusun Banjar Datar ini hanyut pada Ahad sekira pukul 10.15 WIB. Debit air sungai meningkat akibat hujan di hulu sungai sejak dua hari belakangan.

    http://www.riau.news/
    Putusnya Jembatan Mentawai ini menyebabkan masyarakat di empat desa Kecamatan Rokan IV Koto terisolir sejak Ahad pagi, seperti masyarakat Desa Cipang Kiri Hilir, Cipang Kiri Hulu, Desa Tibawan, dan Desa Kubang Buaya.

    "Penyebabnya, karena tingginya intensitas hujan dalam beberapa hari ini. Air sungai (Mentawai) naik, dengan kedalaman sekira tiga meter," ujar Surya, warga Pendalian IV Koto, Ahad malam, dan mengatakan akibat hanyutnya Jembatan Mentawai menyebabkan aktivitas masyarakat di empat desa di Rokan IV Koto terganggu.

    Masyarakat Rokan IV Koto mengakui mereka membutuhkan peralatan untuk transportasi, sebagai alat penyebrangan.

    Namun, diakui masyarakat, pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Rohul belum bisa menurunkan alat transportasi airnya seperti perahu fiber atau boat, karena akses jalan ke lokasi terkikis air hujan hujan, dan pendakian yang cukup licin.(rit)
  • Comment On This Post