• Kabupaten Siak

    Reporter: Andreas Setiawan
    Published: 08 February, 2016
    A- A+

    KABUPATEN SIAK

    Logo Kabupaten Siak - RiauCitizen
    Bentang alam Kabupaten Siak sebagian besar terdiri dari dataran rendah di bagian Timur dan sebagian dataran tinggi di sebelah barat. Pada umumnya struktur tanah terdiri dan tanah podsolik merah kuning dan batuan, dan alluvial serta tanah organosol dan gley humus dalam bentuk rawa-rawa atau tanah basah. Lahan semacam ini subur untuk pengembangan pertanian, perkebunan dan perikanan. Daerah mi beriklim tropis dengan suhu udara antara 25° -- 32° Celsius, dengan kelembaban dan curah hujan cukup tinggi. 
           
    Selain dikenal dengan Sungai Siak yang membelah wilayah Kabupaten Siak, daerah ini juga terdapat banyak tasik atau danau yang tersebar di beberapa wilayah kecamatan.

    Sungai Siak sendiri terkenal sebagai sungai terdalam di tanah air, sehingga memiliki nilai ekonomis yang tinggi, terutama sebagai sarana transportasi dan perhubungan.


    Namun potensi banjir diperkirakan juga terdapat pada daerah sepanjang Sungai Siak, karena morfologinya relatif datar.

    Selain Sungai Siak, daerah ml juga dialiri sungai-sungai lain, yaitu: Sungai Mandau, Sungai Gasib, Sungai Apit, Sungai Tengah, Sungai Rawa, Sungai Buantan, Sungai Limau, dan Sungai Bayam. Sedangkan danau-danau yang tersebar di daerah ini adalah: Danau Ketialau, Danau Air Hitam, Danau Besi, Danau.

    Berikut Daftar kecamatan di Kabupaten Siak :

    1. Siak, 
    2. Sungai Apit, 
    3. Pusako, 
    4. Bungaraya, 
    5. Dayun, 
    6. Sungai Mandau, 
    7. Sabak Auh, 
    8. Mempura, 
    9. Koto Gasib, 
    10. Tualang, 
    11. Kerinci Kanan, 
    12. Minas, 
    13. Kandis
    Logo Kabupaten Kepulauan Meranti - RiauCitizen
    Menteri Dalam Negeri (Mendagri) atas nama Presiden Susilo Bambang Yudoyono secara resmi melantik enam bupati dan satu walikota daerah pemekaran, Selasa (26/05/2009) ini di Jakarta . Salah satu yang menjabat bupati daerah pemerkan baru tersebut adalah Drs Syamsuar untuk Plt Bupati Kepulauan Meranti, Provinsi Riau. 

    Pelantikan yang berlangsung di Kantor Menteri Dalam Negeri itu secara langsung juga dihadiri oleh Wakil Gubernur Riau HR Mambang Mit, Asistem I Setdaprov Riau Abdul Latif, Asisten III M Ramli Walid.

    Mendagri Mardiyanto dalam amanatnya mengatakan, pemekaran wilayah diharapkan akan meningkatkan segala percepatan pembangunan, pemerataan pembbangunan serta pelayanan yang selama ini dikeluhkan akan tercapai. Sehingga pejabat yang telah dilantik ini kiranya mampu memanfaatkan tugas tersebut dengan baik.

    Berikut Daftar kecamatan di Kabupaten Kep Meranti :

    1. Tebing Tinggi, 
    2. Tebing Tinggi Barat, 
    3. Rangsang, 
    4. Rangsang Barat, 
    5. Merbau, 
    6. Pulau Merbau, 
    7. Tebing Tinggi Timur, 
    8. Putri Puyu, 
    9. Rangsang Pesisir (dow)






  • Comment On This Post