• Kadiskop Ingot Akan Bekukan 571 Unit Koperasi di Pekanbaru

    Reporter: Andreas Setiawan
    Published: 08 February, 2016
    A- A+
    PEKANBARU, SUKAJADI - Dinas Koperasi Kota Pekanbaru tengah mendata sejumlah unit koperasi untuk dibekukan dan ditutup.

    Disampaikan oleh Kadis Koperasi Kota Pekanbaru Ingot Ahmad kemarin, Jumat (5/2/2016) bahwa pihaknya sudah mendata sekitar 571 dari 924 unit koperasi yang akan dibekukan.

    http://www.riau.news/search/label/Berita%20Pekanbaru
    kepala dinas koperasi dan umkm Kota Pekanbaru
    Drs Ingot Ahmad Hutasuhut
    Jumlah tersebut dihitung dari beberapa kategori yang sudah ditentukan sebelumnya. Diantaranya adalah, sudah tak pernah melakukan Rapat Anggota Tahunan (RAT) dan tak ada aktifitas lagi dari koperasi dimaksud.

    "Kita sudah berkoordinasi ke Bank Indonesia (BI) dan diinformasikan kepada lembaga permodalan terkait koperasi-koperasi yang sudah tak beroperasi," sampainya.

    Ia juga menjelaskan, 571 koperasi tersebut saat ini sudah dibekukan statusnya oleh Dinas Koperasi Kota Pekanbaru. Seluruhnya juga akan segera diusulkan ke Kementerian Koperasi RI untuk segera dilakukan pembubaran dan penutupan.

    "Kita ingin, agar seluruh koperasi tersebut segera ditutup dan dibubarkan oleh Kementerian Koperasi karena sudah dibekukan sebelumnya," terang Ingot kemudian.

    Ingot juga menjelaskan selama ini pihaknya sudah mendata cukup lama. Tindakan itu dilakukan berdasarkan perintah dari Kementerian untuk menutup koperasi yang sudah tidak aktif dan tak beroperasi lagi.

    "Koordinasi penutupan koperasi tak aktif ini kita lakukan juga dengan BI dan lembaga permodalan. Agar tidak terjadi miss komunikasi terkait sumber dana koperasi tersebut," ungkapnya.

    Diterangkannya juga, konsep pendanaan koperasi harusnya dilakukan secara mandiri dari iuran anggota. ‎Bukan sebaliknya, mendanai koperasi dengan cara mengambil pinjaman ke pihak ketiga, atau lembaga permodalan.(tri)
  • Comment On This Post