• Penampungan CPO PT Musim Mas di Siak Tidak Kantongi IMB Dan Amdal

    Reporter: Andreas Setiawan
    Published: 08 February, 2016
    A- A+
    SIAK, KOTO GASIB - Selain tidak mengimplementasikan nota kesepakatan peningkatan ruas jalan yang dilalui, PT Musim Mas juga belum kantongi Izin Mendirikan Bangunan dan Analisis dan Analisis Dampak Lingkungan (Amdal).

    Padahal, perusahaan itu tetap beroperasi, mengirim dan menampung Crude Palm Oil (CPO) di bibir Sungai Siak, Kecamatan Koto Gasib, Kabupaten Siak.

    http://www.riau.news/search/label/Berita%20Siak
    Kepala Badan Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu (BPMP2T) Kabupaten Siak Herianto menegaskan, sampai saat ini pihaknya belum pernah mengeluarkan IMB dan perizinan lainnya untuk PT Musim Mas itu. Sedangkan pihak perusahaan juga tidak pernah kembali membenahi administrasinya.

    "Dua tahun lalu kami bersama tim penegak Perda meninjau lokasi perusahaan. Kami melihat, perusahaan tidak membangun turap di pinggir sungai yang ia gunakan untuk penampungan CPO untuk loading ke kapal," kata Herianto, Senin (8/2/2016).

    Ia menilai, dengan tidak dibangunnya turap membuat perusahaan itu tidak menjamin keamanan atas usaha yang dilakukan serta atas para pekerja. Sehingga pihaknya tidak berani mengeluarkan izin.

    "Kami sudah meminta agar perusahaan bisa memenuhi standar wajib untuk dikeluarkannya izin. Tapi ia tidak melakukan itu," kata dia.

    Adapun risiko yang dimungkinkan terjadi adalah terjadi abrasi. Tangki raksasa untuk penimbunan CPO hanya berjarak sekitar 5 meter dari bibir sungai. Hal tersebut dipandang berbahaya jika sewaktu-waktu terjadi abrasi dan tangki ambruk.

    "CPO bisa tumpah ke dalam sungai. Sehingga kita memang belum bisa keluarkan izin apapun, sebelum perusahaan itu membenahi lokasi usahanya sebagaimana aturan," kata dia.(tri)
  • Comment On This Post