• Pilgub Riau 2018, Plt Gubri Tak Bisa Jamin ASN Nertal

    Reporter: Portal Berita Riau
    Published: 18 February, 2018
    A- A+
    RIAU, PEKANBARU - Plt Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim tak bisa memberi jaminan bahwa ASN di Pemprov Riau 100% bisa bersikap netral di Pilgub Riau 2018. Namun demikian pihaknya akan tetap memantau sejauh mana ASN tidak terlibat dalam politik praktis.

    "Ini kan sudah masuk masa kampanye. Walau bagaimanapun mereka itu (ASN) harus tetap sadar kalau mereka adalah abdi negara. Jangan harus bisa tahan diri lah supaya tidak terlibat dalam politik praktis," katanya, Minggu (18/2/2018) di Pekanbaru.

    Plt Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim
    Wan Thamrin Hasyim melihat, kondisi Pilkada di Riau untuk kali ini cukup kondusif dan lebih tertata. Hal itu karena KPU juga punya peraturan yang jelas terhadap apa yang perlu dilakukan dan batasan mana yang dilarang untuk dilakukan ASN.

    Selain itu, Wan Thamrin Hasyim melihat bahwa kesadaran dan sikap dewasa ASN di Pemprov Riau sudah terbentuk. Dengan demikian, mereka bisa membatasi diri untuk tidak terlibat jauh dalam permainan politik.

    "Walaupun secara keseluruhan kami juga tidak tahu sejauh mana objektifitas mereka dalam Pilgub Riau kali ini. Tapi setidaknya dengan sikap mereka yang bisa menahan diri, itu sudah cukup menjadi bukti bahwa mereka sadar dengan posisi mereka sebagai ASN," sambungnya.

    Untuk diketahui seluruh ASN memang ditekankan untuk bersikap netral dalam Pilkada. Kementerian Aparatur Sipil Negara Reformasi Birokrasi juga sudah mengeluarkan penegasan dengan surat edaran yang disebarkan, bahwa ASN yang terlibat politik bisa diberi sanksi berat, bahkan pemecatan secara tidak terhormat.(dow)
  • Comment On This Post